a

Jenis Informasi Akuntansi Manajemen

Dalam melaksanakan tugas atau fungsinya yang berhubungan dengan perencanaan, pengorganisasian, pengendalian maupun pengambilan keputusan, sebuah  manajemen membutuhkan informasi akuntansi manajemen. Dimana informasi tersebut bisa didapatkan dari sebuah sistem yang disebut dengan sistem akuntansi manajemen.

Informasi yang pakai oleh manajemen sebagai dasar pengambilan keputusan ialahinformasi akuntansi manajemen yang merupakan informasi paling penting dan utama yang harus dimiliki oleh sebuah perusahaan. Informasi akuntansi manajemen digunakan oleh manajer perusahaan untuk menunjang pelaksanaan fungsi-fungsi manajemen itu sendiri khususnya fungsi perencanaan dan pengawasan dalam perusahaannya.

Informasi akuntansi manajemen bisa dikaitkan dengan tiga aspek utama yaitu objek informasi, altematif yang akan dipilih & wewenang manajer atau pimpinan perusahaan. Adapun informasi akuntansi manajemen yang dikaitkan dengan objek informasi ialah seperti departemen, produk, dan kegiatan atau aktivitas perusahaan, maka akan menghasilkan konsep informasi akuntansi penuh. Jika informasi akuntansi manajemen dikaitkan dengan alternatif yang akan dipilih, maka yang akan dihasilkan adalah konsepinformasi akuntansi diferensial, yang sangat dibutuhkan oleh manajemen perusahaan dalam pengambilan keputusan pemilihan alternatif. Jika informasi akuntansi manajemen itu dikaitkan dengan wewenang yang dimiliki oleh pimpinan atau manajer, maka yang akan dihasilkan adalah konsep informasi akuntansi pertanggungjawaban, yang paling utama adalah manfaat nya yaitu untuk mempengaruhi perilaku manusia dalam perusahaan atau organisasi.

Jenis Informasi Akuntansi Manajemen

Jenis-jenis informasi akuntansi manajemen (Full Accounting Information) menurut Mas'ud Machfoed ialah sebagai berikut : 
  1. Akuntansi Biaya Penuh (Full Cost Accounting)
    Yang menyajikan informasi berkenaan dengan total pendapatan, biaya dan aktiva, baik pada masa yang lampau maupun yang akan datang. Atau jumlah dari keseluruhan biaya langsung yang berhubungan dengan itemnya ditambah dengan bagian yang  pantas dan layak dibebankan pada item tersebut dari biaya tidak langsung.
  2. Akuntansi Biaya Diferensial (Differential Accounting)
    Yang menyajikan informasi berkenaan dengan taksiran pendapatan, biaya dan aktiva yang berbeda-beda apabila suatu tindakan tertentu dipilih.
  3. Akuntansi Pertanggungjawaban (Responsibility Accounting)
    Yang menyajikan informasi berkenaan dengan pendapatan, biaya atau aktiva yang dihubungkan dengan suatu bagian ataupun unit dalam perusahaan, yang mana masing-masing unit dipimpin seorang manajer perusahaan yang bertanggung jawab terhadap unit yang bersangkutan. Tujuan dari jenis informasi keuangan ini adalah untuk pengendalian biaya.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Blog Sharing

Previous
Next Post »