Agar website lebih menarik dan diperhatian oleh pengunjung
Tahukah Anda bahwa manusia rata-rata mendapatkan perhatian yang lebih sedikit dibanding dengan ikan emas peliharaan (goldfish’s attention)?
Dalam waktu 15 tahun terakhir rentang rata-rata perhatian orang telah
turun 12-8 detik, hanya 1 detik dibawah rata-rata toko hewan / ikan mas
peliharaan.
Jadi apa yang dapat dilakukan pada detik-detik yang berhaga tersebut
untuk menarik perhatian pelanggan? Apakah membuat animasi banner yang
besar dan dibuat dengan flash atau menggunakan video?
Sebenarnya, jawaban yang lebih sederhana dan berdasarkan beberapa
studi dari para pengamat website adalah beberapa poin berikut ini.
1. Ini semua tentang waktu muat website. Jangan buang detik-detik
berharga dengan membuat pengunjung menunggu terlalu lama untuk membuka
halaman web Anda.
2. “Less content is more content“. User tidak membaca. Mereka melakukan scanning
untuk kata kunci atau gambar yang memberikan mereka rasa lebih yang
nantinya memutuskan apakah mereka harus mengabaikan atau memperhatikan.
3. Sebuah gambar bernilai seribu kata. Fotografi
dan ilustrasi adalah ‘kuda’ pekerja dalam website Anda. Mereka tidak
hanya bercerita lebih baik dibanding teks, namun mereka juga menarik
perhatian.
4. Whitespace is Not Dead Space. Istilah tersebut banyak
sekali kita dengar. Bahwa spasi atau ruang putih yang tidak ada isinya
di website Anda bukan berarti tidak berguna. Banyak orang berpikir untuk
menempatkan apapun di halaman website mereka, sebanyak mungkin
informasi dalam satu layar karena rasa takut mereka bahwa pengguna
mungkin akan kehilangan sesuatu yang penting. Namun pada kenyataannya,
pengunjung mengabaikan banyak hal dari apa yang dipikirkan tersebut.
5. Semua orang melakukan scroll. Bukti menunjukan bahwa melakukan
scroll halaman website adalah hal yang natural seperti halnya klik. Jadi
haruskah informasi penting berada diatas? IYA. Haruskah semua informasi
berada diatas? TIDAK.
6. Tombol Call to Action yang simpel. Pelajari apa itu call to action,
ini bisa berbagai macam, bisa tombol, atau ajakan untuk melakukan klik,
daftar, atau apapun. Kita sering berpikir bahwa pilihan adalah hal yang
baik untuk pelanggan. Namun studi perilaku menunjukan bahwa lebih
banyak pilihan malah membuat mereka tidak melakukan tindakan apapun.
Cukup satu, namun sangat sederhana, namun cukup mencolok, itu akan
sangat baik untuk website dan akan memacu lebih banyak aksi dari
pengunjung dan mendapatkan perhatian lebih.
Itulah beberapa hal yang bisa Anda terapkan pada website Anda agar
mendapatkan perhatian lebih dari pengunjung. Selanjutnya mungkin kita
akan bahas tentang pentingnya waktu muat website.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan
klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Blog Sharing