Cara Internet - Hal pertama yang harus dilakukan agar blog/web
ramai pengunjung adalah dengan menulis konten, menulis artikel yang
baik. Karena menurut saya “CONTENT IS THE KING”. The King bukan berarti
Everithig. Tapi The King itu Penting. Dengan begitu optimasi konten agar SEO friendly itu penting.

Ada 2 alasan kenapa konten itu menjadi yang utama
Pertama, dalam sebuah blog/web konten adalah sebagai bahan JUALAN yang
dapat merubah visitor menjadi costumer. Kok bisa seperti itu ? Misalkan
saja gini, Anda masuk dalam sebuah toko, dan toko tersebut tidak ada
isinya, atau hanya ada sebagian saja, itupun juga tidak menarik, pasti
Anda akan langsung keluar dari toko tersebut. Begitu juga dengan
blog/web yang isinya kosong, tidak berkualitas hanya asal-asalan saja
pasti tidak ada orang yang mau menghampirinya lagi. so… prinsip pertama,
“buat pengunjung jadi costumer”
Yang kedua, konten adalah JUALANNYA Google. Kenapa kok bisa gitu ?
Google adalah mesin pencari yang Care Product nya adalah memberikan
informasi kepada pengguna tentang situs halaman website yang layak untuk
dikunjunginya. Misalkan saja gini, si A ingin mencari informasi tentang
teknik SEO konten, maka Google merasa harus menampilkan informasi
TERBAIK yang menurutnya akan membuat si A merasa puas atas informasi
yang didapat, sehingga si A akan kembali menggunakan Google untuk
mencari informasi lainnya.
Nah,, kalau sudah se-prinsip dan se-visi untuk masalah konten, mulai
sekarang belajarlah untuk menulis konten yang berkualitas, meski
membutuhkan waktu lama untuk membuat satu artikel. Dalam membuat atau optimasi konten agar SEO friendly dan berkualits, ada beberapa hal yang harus diperhatikan :
- Menulislah untuk manusia bukan bot.
- Gunakan keywords secara wajar dan bervariasi
- Tulislah topic seputar keywords, bukan semaunya.
- Kalau Anda niat jualan, maka buatlah konten yang ”MENJUAL”.
Perlu diperhatikan, menulislah untuk manusia bukan bot. Memang Google
mengirimkan mesinnya untuk mengindeks dan memberi peringkat pada halaman
kita. Namun, tujuan kita adalah mendatangkan pembeli, bukan mencari
trafik.
Maka, mulailah menulis untuk manusia bukan untuk bot. Lihat kedua perbedaan tulisan berikut :
Tulisan pertama :
Sepatu murah adalah ketika mencari sebuah sepatu yang harganya murah. Dimana anda dan keluarga sepatu murah mendapatkan perencanaan mengenai apa yang dilakukan sopir angkot dengan sepatu murahnya yang tidak terlalu mengesankan pada jalan yang dibuat oleh mereka sendiri.
Tulisan kedua :
Sepatu murah memang banyak dicari oleh masyarakat, namun tak semata-mata soal murahnya. Kualitas sepatu juga menentukan sebelum seseorang memutuskan untuk membelinya. Maka, ketika anda ingin mencari sepatu murah, pastikan juga kualitas sepatu tersebut baik dan tahan lama.
Dari kedua tulisan di atas, mana yang paling bisa pahami ? kalau Anda
menjawab tulisan pertama, berarti anda adalah seorang bot.
Pada tulisan pertama dibuat untuk bot, dimana konteks antar kalimat dan
keseluruhan isi tidak diperhatikan. Namun, sekarang ini Google semakin
canggih, buktinya spinning content jarang masuk pejwan, dan spinning
tools yang baik dan laris adalah spinning tools yang readable.
Lalu bagaimana tulisan yang “MENJUAL” itu ? secara sederhana tulisan
yang menjual adalah tulisan yang mampu mempengaruhi pembaca untuk
melakukan apa yang kita inginkan, yaitu membeli/menggunakan produk yang
ditawarkan. Tidak hanya sekedar menulis, tapi juga memberikan sentuhan
pemasaran pada tulisan Anda. Buatlah tulisan yang bagus, bagus dalam
artian SEO bukan tulisan yang mendayu-dayu yang butuh kontemplasi untuk
memahaminya. Namun, tulisan yang lugas, sederhana, dan mudah dipahami.
Demikianlah sedikit gambaran tentang bagaima cara optimasi konten agar SEO friendly. Semoga dengan artikel di atas dapat bermanfaat untuk para pembaca, terlebih lagi bagi para penulis-penulis blog/web sekalian.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan
klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Blog Sharing