a

6 Manfaat Tanaman Lidah Buaya Untuk Kesehatan

Manfaat Tanaman Lidah Buaya – Siapa sih yang tidak mengenal tanaman lidah buaya? Tanaman yang mudah dikenali dan banyak ditemukan di perkarangan rumah ini, juga dikenal dengan nama aloevera. Aloevera merupakan nama yang lebih keren dibandingkan dengan lidah buaya. Entah apa alasannya yang membuat tanaman ini dikenal dengan nama lidah buaya, mungkin karena bentuknya dianggap mirip dengan salah satu organ tubuh buaya.

Menurut informasi yang diambil dari situs galeriabiee.wordpress.com, lidah buaya merupakan salah satu tanaman tropis yang mempunyai bentuk seperti daun berdaging. Daun yang dimilikinya dapat digunakan sebagai obat dan campuran produk kecantikan. Situs tersebut juga mengungkapkan bahwa di dalam tanaman ini terdapat kandungan senyawa biologis aktif seperti lektin, mannans asetat, polymannans dan antrakuinon. Tak hanya itu saja, karena di dalam tanaman lidah buaya juga terdapat kandungan nutrisi lainnya, termasuk vitamin, asam amino, enzim dan mineral.

Gambar Tanaman Lidah Buaya


Berkat semua kandungan tersebut, membuat tanaman lidah buaya mempunyai banyak manfaat yang menguntungkan. Salah satu manfaat tanaman lidah buaya yang sudah diketahui oleh banyak orang, yaitu dapat digunakan untuk melebatkan dan memanjangkan rambut. Hal ini disebabkan karena kandungan enzim proteolitik di dalamnya dapat menghilangkan sel-sel kulit mati yang biasanya menyumbat folikel rambut yang membuat rambut sulit tumbuh dan tidak mendapatkan nutrisi dengan baik. Untuk mengaplikasikannya cukup mudah untuk dilakukan, yaitu hanya perlu membelah lidah buaya untuk di gosok-gosokkan pada rambut, diamkan selama beberapa agar meresap, kemudian cucilah rambut hingga benar-benar bersih (bisa menggunakan shampoo).

Namun, tanaman lidah buaya tak hanya bermanfaat untuk memanjangkan dan menebalkan rambut saja, karena tanaman ini mempunyai beberapa manfaat lain. Untuk mengetahuinya, simak informasi berikutnya karena akan diulas secara lebih detail mengenai manfaat tanaman lidah buaya. Inilah manfaat tanaman lidah buaya yang berasal dari manfaatbuahdaun.blogspot.co.id.

6 Manfaat Tanaman Lidah Buaya

  1. Melancarkan Sistem Pencernaan
    Di dalam lidah buaya terdapat kandungan serat, mineral dan enzim yang mampu melancarkan sistem pencernaan. Terlebih lagi, sejak jaman dahulu lidah buaya sudah dikenal dapat digunakan untuk melancarkan sistem pencernaan sehingga organ-organ pencernaan menjadi tetap sehat, terhindar dari sembelit dan susah buang air besar.
  2. Mengeluarkan Zat-zat Beracun di Dalam Tubuh
    Kandungan gelatin di dalamnya berperan untuk menyerap zat-zat beracun yang terdapat di dalam tubuh, terutama pada organ usus. Semua racun tersebut akan diserap oleh lidah buaya dan akan dikeluarkan oleh tubuh dalam bentuk kotoran atau fesses.
  3. Mengatasi dan Mencegah Diabetes
    Lidah buaya adalah salah satu tanaman yang mempunyai kemampuan untuk meningkatkan produksi hormon insulin, sehingga dapat dikonsumsi untuk mengatasi dan mencegah penyakit diabetes. Caranya, cukup dengan merebus tanaman lidah buaya yang sudah dibuang durinya dengan 3 gelas airnya hingga tersisa setengahnya, kemudian saring dan minum airnya selagi hangat.
  4. Mengatasi Wasir
    Karena bersifat gel dan mempunyai kandungan serat, membuat tanaman ini dapat digunakan untuk mengatasi wasir. Caranya cukup dengan memarut lidah buaya, tambahkan madu secukupnya dan tambahkan secangkir air matang untuk diminum setelah diaduk hingga rata.
  5. Mengobati Luka Ringan
    Tanaman lidah buaya juga dapat digunakan untuk mengobati luka ringan, seperti menghilangkan lebam, mengurangi rasa perih, menghilangkan ruam kemerahan pada kulit dan lain sebagainya. Namun, tidak disarankan menggunakan lidah buaya untuk mengobati luka yang terbuka.
  6. Menjaga Kelembaban Kulit
    Kandungan vitamin E di dalamnya mempunyai kemampuan untuk menjaga kelembaban kulit. Terlebih lagi, lidah buaya juga mempunyai bentuk seperti gel sehingga dapat membuat kulit menjadi lembut dan terasa halus.
Tak hanya mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, lidah buaya juga dapat dikonsumsi menjadi makanan – minuman yang nikmat. Sebelum mencoba untuk mengkonsumsinya, sebaiknya ketahuilah bagaimana cara mengolahnya dengan benar karena ketika diolah atau dimasak lidah buaya akan menghasilkan lendir yang terlihat menjijikkan. Apabila diolah dengan cara yang tepat dan benar, maka tanaman lidah buaya ini mempunyai rasa dan tekstur yang tidak jauh berbeda dengan jelly ataupun natade coco.

Referensi :
http://manfaatbuahdaun.blogspot.co.id/2013/11/manfaat-lidah-buaya-untuk-kesehatan.html

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Blog Sharing

Previous
Next Post »