a

7 Manfaat Fitnes untuk Kesehatan

Manfaat Fitnes untuk Kesehatan – Setiap individu dituntut untuk selalu menjaga kesehatan tubuhnya, agar terhindar dari berbagai gangguan penyakit. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh, diantaranya menjalankan pola hidup sehat, mengkonsumsi makanan yang bergizi, berolahraga secara teratur dan beristirahat dengan cukup.

Ada banyak kegiatan olahraga yang dapat dipilih untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit, segar dan bugar. Namun, melakukan kegiatan fitness atau nggym merupakan kegiatan olahraga yang banyak dipilih oleh kebanyakan orang. Hal ini disebabkan karena di tempat fitness sudah tersedia alat-alat yang bisa digunakan. Selain itu, di tempat fitness juga ada beberapa instruktur fitness yang dapat melatih setiap member di tempat fitness tersebut.

Gambar Orang Fitnes untuk Kesehatan


Beberapa orang berpikir bahwa melakukan fitness hanya berguna untuk membentuk tubuh atau membentuk tubuh saja, namun penilaian tersebut tidak sepenuhnya benar. Pasalnya, ada 3 latihan yang dapat dilakukan saat fitness yaitu, aerobik, pembentukan otot dan melatih fleksibilitas. Latihan fitness aerobik adalah jenis olahraga yang dapat membuat tubuh menjadi bugar dan kembali segar, biasanya latihan fitness jenis ini banyak dilakukan dengan berlari treadmild menggunakan sepeda statis. Sementara latihan pembentukan otot, penurunan berat badan dilakukan dengan mengangkat beban gym, sedangkan latihan fleksibilitas merupakan olahraga yang dapat dilakukan untuk melatih kelenturan tubuh.

Tak hanya itu saja, seseorang yang melakukan fitness / nggym akan mendapatkan manfaatnya di bidang kesehatan. Inilah beberapa manfaat fines untuk kesehatan tubuh yang diambil dari situs duniafitnes.com.

7 Manfaat Fitnes untuk Kesehatan

  1. Meningkatkan Energi dan Daya Tahan Tubuh
    Semakin sering melakukan latihan, detak jantung akan menjadi semakin meningkat sehingga sirkulasi darah dan meningkatkan aliran darah yang membawa oksigen menjadi lancar. Itu semua dapat digunakan untuk meningkatkan energi dan daya tahan tubuh.
  2. Memperkecil Resiko Terkena Penyakit
    Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa fitness bermanfaat untuk memperkecil resiko terkena penyakit, mulai dari penyakit yang ringan hingga penyakit yang serius. Hal ini disebabkan karena melakukan fitness dapat membuat otot tubuh meningkatkan sistem kekebalan atau imunitas.
  3. Menjaga Kesehatan Otak dan Meningkatkan Kemampuannya
    Rajin melakukan latihan dapat meningkatkan jumlah oksigen dan zat serotonin di dalam otak, sehingga dapat meningkatkan kemampuan otak, meningkatkan konsentrasi dan dapat membantu menjernihkan pikiran.
  4. Menjaga Kesehatan Jantung
    Sebelumnya telah disebutkan bahwa melakukan latihan fitness secara teratur dapat melancarkan peredaran darah. Hal itu juga berguna untuk membuat jantung menjadi lebih sehat.
  5. Menghilangkan Stres dan Pikiran Negatif
    Saat otak teras lelah karena terlalu banyak berpikir, sebaiknya ajaklah otak untuk melakukan penyegaran dengan fitness secara teratur. Pasalnya, fitness dapat dilakukan untuk menghilangkan stres dan pikiran negatif sehingga otak kembali terasa segar seperti terisi kembali untuk berpikir.
  6. Meningkatkan Penampilan Diri
    Bagi yang kurang percaya diri dengan bentuk tubuh karena merasa terlalu gemuk atau terlalu kurus, hal ini bisa dilakukan dengan latihan fitness secara rutin. Lakukan prosedur latihan sesuai kebutuhan, misalnya prosedur fitness untuk menambah berat badan atau membentuk volume otot. Dengan demikian, fitness dapat meningkatkan penampilan dan rasa percaya diri.
  7. Tidak Cepat Merasa Merasa Lelah
    Dengan melakukan latihan fitness secara teratur, tubuh akan terbiasa untuk melakukan aktivitas yang berat dan melelahkan sehingga tubuh tidak cepat merasa lelah.
Bagi pemula yang ingin melakukan fitness, disarankan untuk didampingi oleh seorang instruktur fitness yang berpengalaman agar terhindar dari resiko cedera otot dan kecelakaan lainnya. Akan tetapi, bila tidak mempunyai banyak waktu untuk melakukan latihan fitness di tempat kebugaran tubuh sebaiknya belilah alat-alat fitness sendiri untuk digunakan di rumah. Karena rumah merupakan tempat tujuan untuk pulang, sehingga sudah dapat dipastikan seseorang dapat meluangkan waktu bersantainya untuk melakukan latihan dengan alat fitness yang tersedia.

Kemajuan jaman memang dapat membuat manusia menjadi manja karena hanya mengantungkan hidupnya pada perangkat canggih yang ada. Namun, jika dibiarkan terus-menerus hal akan berdampak pada kesehatan tubuh karena tubuh jarang digunakan untuk bergerak. Jika tidak menginginkannya, sebaiknya luangkan waktu untuk berolahraga sekitar 30 menit setiap harinya. 

Referensi :
http://duniafitnes.com/training/10-fakta-terbaik-seputar-fitnes-manfaatnya.html


Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Blog Sharing

Previous
Next Post »