a

Ciri ciri siklus haid yang normal

Siklus haid normal ialah siklus datang bulan untuk setiap wanita yang telah mengalami kedewasaan dalam organ reproduksinya. Setiap wanita yang telah tergolong dewasa, memiliki siklus haid atau datang bulan yang berbeda-beda. Untuk para wanita yang memiliki siklus tetap yang sangat teratur, maka hal itu tak akan menjadi masalah karena siklus tersebut telah tergolong sangat teratur dan bisa diprediksi. Namun, ada beberapa wanita yang tidak memiliki siklus yang normal, bahkan juga memiliki pola datang bulan yang sangat sulit untuk diprediksi. Jadwal yang tidak tentu dan gejala yang selalu berubah-ubah menjadikan beberapa wanita menjadi sangat tersiksa karena siklus datang bulan pada dirinya.

Apabila seseorang mengalami siklus yang tidak normal, maka akan terjadi beberapa gejala yang dapat Anda kenali, seperti diantaranya nyeri berlebihan ketika datang bulan, kerap kali merasa pusing bahkan juga pingsan ketika sedang dalam masa datang bulan, dan bisa juga seorang wanita mengalami pendarahan yang terlalu banyak ketika datang bulan. Beberapa gejala tersebut bisa jadi merupakan tanda bahwa seseorang mengalami siklus haid yang tidak normal. Berikut ini merupakan sedikit ulasan yang dapat dijadikan sebagai tanda bahwa Anda memiliki siklus haid normal yang selalu didambakan oleh setiap wanita dewasa.

Memiliki Pola yang Teratur
Tanda pertama yang dapat dijadikan patokan bahwa seseorang memiliki siklus haid yang normal ialah ketika tanda dan pola datang bulan dapat dihitung dan diprediksi. Untuk polanya, Anda bahkan juga bisa menghitung kapan Anda akan datang bulan pada bulan selanjutnya. Pola tersebut menunjukkan bahwa Anda memiliki siklus haid yang normal dan Anda juga memiliki pola metabolisme hormon yang normal tanpa ada gangguan apapun pada tubuh dan metabolisme tubuh serta reproduksi Anda. Tentu merupakan sebuah berkah yang luar biasa apabila Anda memiliki pola yang sangat teratur.

Untuk Anda yang memiliki pola yang teratur, maka jarak antara hari haid-1 pada bulan ini dan hari haid-1 pada bulan selanjutnya dapat dihitung, yakni sekitar 14 – 21 hari. Pada rentan waktu tersebut, tubuh Anda akan mengalami pematangan sel telur lain dan Anda juga dapat menghitung masa subur Anda. Akan menjadi sangat mudah untuk para pasangan yang ingin memiliki keturunan. Bagi Anda yang ingin memiliki keturunan, sebaiknya Anda melakukan hubungan suami – istri ketika Anda sedang dalam masa subur sehingga akan memiliki kesempatan yang semakin besar untuk memiliki keturunan yang telah Anda damba-dambakan.

Tak Memiliki Gejala yang Abnormal
Selain memiliki pola yang teratur, anda juga harus menyadari bahwa siklus haid yang normal tak akan menimbulkan gejala aneh yang terlalu mengganggu Anda. Meskipun haid kerap kali menimbulkan rasa nyeri, mood jelek, dan juga sakit perut pada hari-hari pertama masa tersebut, namun beberapa gejala tersebut tak akan mengganggu aktivitas Anda sehari-hari.

Apabila Anda mengalami sakit yang berlebihan ketika sedang haid, maka bisa jadi hal tersebut menunjukkan bahwa Anda memiliki ketidak normalan pada kandungan Anda dan menjadikan Anda harus lebih berhati-hati mengingat Anda kemungkinan mengalami beberapa gangguan pada organ reproduksi Anda. Namun, apabila seluruh gejala yang terjadi masih dalam taraf normal dan tak mengganggu aktivitas Anda, maka hal tersebut dapat diindikasikan bahwa Anda memiliki siklus haid normal dan memiliki kesehatan organ reproduksi yang baik dan tak memiliki permasalahan apapun dalam tubuh Anda.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Blog Sharing

Previous
Next Post »