a

Cara Meneliti Kompetisi Bisnis di Tengah Persaingan yang Ketat

Cara Meneliti Kompetisi Bisnis di Tengah Persaingan yang Ketat
Persaingan menjadi salah satu tahap yang sama sekali tidak bisa dilepaskan dari model bisnis apapun. Persaingan membuat bisnis bisa berkembang namun juga bisa lumpuh total. Bisnis yang mampu memenangkan persaingan maka bisa berkembang dan panjang umur. Sementara bisnis yang kalah dalam persaingan akan lumpuh dan tidak bisa berkembang. Namun sebenarnya ada cara untuk mengerti tentang persaingan. Inti dari persaingan adalah kompetisi yang benar-benar bisa mengisi alur perjalanan bisnis. Melihat kompetisi memang tidak mudah karena itu sering banyak bisnis besar yang melakukan penelitian untuk melihat kompetisi dalam pasar. Berikut ini adalah beberapa cara untuk melakukan penelitian kompetisi dalam bisnis.
Media dan Internet
Media dan internet menjadi salah satu alat yang sangat dibutuhkan untuk melihat kompetisi dalam bisnis. Anda bisa memulainya dari mencari sebuah produk dalam halaman mesin pencari. Dari mesin pencari seperti Google maka Anda bisa melakukan analisa. Anda bisa masuk ke halaman web pesaing bisnis Anda. Dari sini maka ada beberapa hal yang bisa Anda ketahui tanpa harus bertanya langsung ke pihak pesaing. Anda juga bisa melakukan penelitian secara online lewat media sosial. Dengan cara ini maka Anda bisa melihat konsumen dari pesaing dan produk yang paling banyak diinginkan oleh konsumen.
Tergabung dalam Asosiasi Bisnis
Tergabung dalam sebuah asosiasi bisnis menjadi langkah untuk bertemu dengan pesaing secara langsung. Anda bisa mengikuti asosiasi atau perkumpulan secara resmi. Berbagai pembicaraan lewat seminar atau perkumpulan tentu akan menghasilkan sebuah ide-ide yang baru untuk mengembangkan bisnis. Selain itu Anda juga bisa tahu bagaimana posisi produk Anda di tengah persaingan dan langkah yang bisa Anda lakukan agar bisa mendapatkan posisi yang lebih baik.
Bergerak Lewat Media Sosial
Di jaman saat ini, Anda mungkin bisa melihat bahwa semua orang selalu bergerak dengan media sosial. Banyak orang beraktifitas dengan media sosial baik untuk melihat  berita, berteman, berbelanja dan berbagai kebutuhan lain. Anda bisa membuat sebuah jaringan yang sangat luas dengan media sosial. Anda bergerak dengan cara yang lebih cepat, mudah dan bisa berkomunikasi langsung dengan konsumen. Beberapa media sosial yang paling banyak digunakan misalnya adalah seperti Twitter, Facebook, Instagram, Linked, blog dan media lain.
Masuk ke Pameran
Langkah lain yang bisa Anda lakukan adalah mengikuti sebuah pameran. Pameran menjadi potensi yang sangat penting karena Anda bisa bertemu secara langsung dengan konsumen. Anda bisa bertanya dan memberikan pelayanan yang benar-benar sesuai dengan konsep perusahaan Anda. Anda bisa tahu juga mengenai konsep pesaing lain sehingga Anda menemukan cara yang tepat untuk menggambarkan bisnis Anda. Keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan adalah kesempatan untuk bisa bertemu dengan konsumen dan mendapatkan kesempatan mengembangkan pasar yang besar.
Masuk ke Pusat Perdagangan Industri
Terdaftar dalam sebuah komite perdagangan dan industri bisa menjadi langkah yang sangat penting untuk perkembangan bisnis Anda. Langkah ini harus Anda lakukan jika memang Anda ingin berhasil untuk melihat persaingan secara nyata. Dalam pusat persaingan bisnis maka Anda juga bisa bertemu dengan pesaing yang memang bermain dengan produk yang serupa atau produk yang berhubungan dengan bisnis Anda. Jadi Anda bisa menemukan ide yang lebih besar untuk memenangkan persaingan.
Berhubungan Langsung dengan Penyedia
Jika Anda bergerak dalam bidang bisnis yang mengolah atau memproduksi sebuah produk maka Anda harus terus menjalin kerjasama dengan pemasok bahan baku. Anda bisa mendapatkan jaminan dari bahan baku yang dipakai . Selain itu Anda juga bisa mendapatkan informasi mengenai pesaing Anda secara langsung dari pemasok bahan baku yang sama. Jadi Anda bisa mempertimbangkan bagaimana pesaing Anda memilih bahan baku. Jadi Anda bisa bergerak dari berbagai arah.
Perusahaan harus mempertimbangkan untuk melakukan tahap-tahap dalam mengenali pesaing. Langkah ini penting untuk menjamin agar perusahaan bisa bertahan dan berkembang. Jadi mengapa Anda masih ragu untuk menjalankan beberapa metode praktis ini. jadi Anda juga bisa menemukan keberanian untuk masuk ke sebuah kompetisi.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Blog Sharing

Previous
Next Post »