a

Peluang Bisnis Online dengan Sistem Afiliasi

Peluang Bisnis Online dengan Sistem Afiliasi
Pengguna internet di tanah air dari waktu ke waktu terus mengalami peningkatan jumlah. Peningkatan jumlah pengguna internet (netizen) tersebut tentu mempunyai peluang yang positif bagi siapa pun yang ingin menjajal bisnis online.
Salah satu bentuk bisnis online yang saat ini mulai dilirik pengguna internet adalah bisnis affiliate. Sistem bisnis affiliate dikelola dan dikembangkan oleh perusahaan-perusahaan/individu secara online yang memanfaatkan sistem jejaring untuk memasarkan aneka produknya.
Sistem Kerja Bisnis Affiliate
Bisnis affiliate sebenarnya merupakan suatu strategi memasarkan produk pada orang lain secara online agar produk-produk tersebut diminati dan dibeli orang lain. Di sini produk yang dijual secara affiliate disediakan oleh perusahaan/individu.
Perusahaan/individu selain menjual produk melalui situs sendiri juga menyediakan kesempatan bagi orang lain yang berminat untuk memasarkan produk tersebut. Itulah bisnis affiliate yang sama-sama menguntungkan pihak pemilik produk (perusahaan/individu) dan pemasar (affiliater).
Pemasar (affiliater) yang berhasil memasarkan produk dan laku terjual secara online nantinya akan mendapat komisi sesuai kesepakatan yang dibuat pemilik produk. Biasanya berkisar antara 5 hingga 20 persen dari harga produk/barang.
Saat ini ada banyak perusahaan yang memiliki situs jual beli online (online shop) yang bisa Anda jadikan sebagai ladang bisnis untuk menjadi seorang affiliater. Sebut saja beberapa di antaranya adalah amazon.com, lazada.co.id, bhinneka.com, ebay.com, belbuk.com, gramedia.com, dan sebagainya.
Perusahaan-perusahaan penyedia bisnis affiliate tersebut tak hanya berasal dari dalam negeri, namun juga dari luar negeri. Tentu saja hal ini sangat menguntungkan dan menjadi peluang bisnis yang bisa Anda coba sebagai penambah penghasilan.
Dengan bisnis affiliate tersebut Anda bisa memanfaatkan berbagai jenis affialiasi seperti pay per click, pay per lead, dan pay per sale. Kebanyak perusahaan penydia produk menggunakan jenis pay per sale yaitu Anda sebagai affiliater akan mendapat komisis jika produk laku melalui link affiliate.
Kelebihan Bisnis Affiliate
Anda yang tertarik dengan bisnis affiliate ini tentu perlu memperhatikan apa saja kelebihan bisnis ini.
1. Anda tidak akan dikenai biaya produksi barang karena produk sudah disediakan oleh perusahaan. Tugas Anda adalah memasarkan produk tersebut agar dibeli orang lain.
2. Biaya bisnis affiliate cukup rendah yaitu menyediakan komputer atau smartphone yang memiliki koneksi internet serta biaya untuk membuat situs pribadi sebagai media pemasaran.
3. Anda bisa menjual produk apa saja dari bisnis affiliate ini. Tentu produk-produk tersebut diminati orang lain karena beragam mulai elektronik, fashion, dan sebagainya.
4. Bisa Anda kerjakan sendiri. Anda pun tak perlu menyediakan produknya secara langsung. Tugas Anda adalah memasarkan agar produk tersebut laku dengan mengklik link tujuan.
5. Untuk proses order dan pengiriman Anda tak perlu repot karena semua itu ditanggunh pihak penyedia produk.
6. Resiko kerugian pun kecil. Begitu produk yang Anda pasarkan tak laku Anda tak akan didenda, namun bila sukses memasarkan produk sehingga terjual Anda akan mendapatkan untung yang lumayan.
Tips Menjalankan Bisnis Affiliate
Nah, untuk menjalankan bisnis ini maka seseorang perlu memiliki situs sendiri terlebih dahulu sebagai media untuk memasarkan produk. Biasanya perusahaan/individu penyedia produk memiliki situs yang di dalamnya terdapat link affiliate.
Nantinya link affiliate tersebut akan Anda dapatkan ketika Anda mendaftar melalui situs perusahaan penyedia produk untuk menjadi affiliater. Pendaftaran affiliater di link penyedia produk akan diminta mengisi data secara detail termasuk rekening bank Anda. Tips berikut merupakan referensi penting bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis affiliate.
1. Buatlah ulasan maupun review produk yang ingin Anda pasarkan secara detail sehingga orang lain memahami produk tersebut dengan jelas.
2. Promosikan dan pasarkan produk affiliate melalui berbagai media seperti situs, media sosial, forum, blog, dan media online lainnya.
3. Pastikan produk yang Anda pasarkan benar-benar dicari dan diminati di pasaran seperti produk gadget, elektronik, fashion, dan lain sebagainya.
4. Anda bisa memanfaatkan tak hanya satu link affiliate saja, namun juga perlu memasarkan produk dari link affiliate lain.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Blog Sharing

Previous
Next Post »