a

Cara cek IMEI pada iPhone

Cek IMEI iPhone yang Anda miliki secara tidak langsung akan memberikan dampak keamanan pada diri Anda pada saat ingin membeli iPhone untuk keperluan bisnis atau keperluan lainnya. Namun tahukah Anda apa pentingnya pengetahuan nomer IMEI dalam dunia gadget?

  • Nomer IMEI yang Anda ketahui pada Iphone akan membantu Anda untuk melacak lokasi iPhone Anda ketika handphone tersebut secara tidak sengaja hilang atau dicuri orang lain. Kombinasi kode khusus yang terdapat pada nomer IMEI akan membuat sinyal telpon saat dinyalakan terlacak sistem satelit dan Anda dapat mengetahui dimana lokasi handphone Anda.
  • Karena memiliki kombinasi angka yang pastinya berbeda antata handphone satu dengan handphone lainnya, nomer IMEI juga dapat digunakan untuk mengetahui apakah barang yang Anda beli adalah barang asli atau refurbished (rakitan ulang). Jika barang yang Anda beli bukan merupakan iPhone asli, Anda tidak akan dapat menggunakan handphone karena secara otomatis handphone iPhone tersebut terblokir.
  • Nomer IMEI juga dapat digunakan untuk mendeteksi software tertentu yang terdapat didalam  handphone apakah software tersebut memang asli untuk produk Iphone atau bukan.
  • Nomer IMEI digunakan untuk mempermudah klaim garansi produk, terutama ketika produk yang diterima ternyata cacat atau mengalami kerusakan karena cara penggunaan maupun pengiriman yang salah.
Setelah Anda mengetahui beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan setelah mengetahui nomer IMEI, ada beberapa prosedur yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui status IMEI Anda.
  1. Anda bisa menggunakan website iunlocker.net/check_imei.php untuk mengetahui apakah nomer IMEI yang ada di handphone Anda terdaftar di database Iphone seluruh dunia atau tidak. Caranya dengan mengetikkan nomer IMEI yang ada di kotak handphone dan kemudian klik chek. Jika nomer IMEI yang Anda masukkan benar akan muncul lokasi pembuatan Iphone Anda. Website ini juga dapat digunakan untuk memblacklist atau mengunci iPhone yang Anda miliki ketika Iphone tersebut hilang karena tindak pencurian atau masalah lainnya.
  2. Cara kedua untuk cek IMEI iPhone dapat dilakukan dengan memeriksa kemasan asli perangkat dan memeriksa kode bar yang ada di bagian belakang kardus. Di tempat tersebut Anda akan menemukan kode IMEI dan MEID yang digunakan untuk klaim garansi ketika iPhone rusak karena pemakaian atau masalah lainnya.
  3. Cara ketiga dapat dilakukan dengan cara mengecek IMEI melalui website iTunes. Anda dapat menyambungkan perangkan iOS Iphone pada komputer kemudian membuka iTunes, temukan menu ringkasan kemudian masukkan nomer telpon yang Anda gunakan pada perangkat iPhone untuk mengetahui nomer IMEI dan kelengkapan lainnya. Jika Anda ingin mengirim informasi tersebut untuk disimpan ke perangkat, Anda dapat menempelkan informasi pada sistem pendaftaran kemudian menyalin nomer seri yang terlihat.
Cara keempat yang dapat digunakan adalah dengan membuka menu pengaturan dan mengecek kode IMEI di tempat SIM. Namun demikian, tidak semua perangkat iPhone mudah dilihat melalui metode ini karena umumnya nomer yang tertera akan terlihat berukuran kecil. Oleh karena itu ketika Anda membeli perangkat akan lebih baik jika Anda membeli di tempat yang memang menjual iPhone resmi dan memiliki sertifikasi khusus produk iPhone. Jangan membeli produk karena ada iming-iming harga diskon atau harga murah, karena bukan tidak mungkin barang tersebut adalah barang curian atau refurbished. Semoga dengan bahasan diatas, Anda akan lebih memahami bagaimana caranya cek IMEI iPhone yang benar.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Blog Sharing

Previous
Next Post »