a

Manfaat buah pisang bagi kulit

Buah pisang adalah salah satu jenis buah yang mudah didapatkan di Indonesia dan pastinya dapat dimanfaatkan oleh segala kalangan usia untuk pengobatan ataupun alasan lainnya. Namun tahukah Anda bahwa pemanfaatan buah pisang sebenarnya berhasil karena kandungan senyawa dalam kulit pisang itu sendiri? Berikut adalah beberapa kandungan kulit pisang yang perlu Anda ketahui.

Karbohidrat
Anda perlu tahu mengapa banyak orang yang mengkonsumsi pisang selama diet, hal tersebut tak lepas dari kandungan senyawa karbohidrat yang ada di dalam pisang. 

Pisang mengandung 18.5gr karbohidrat dalam setiap 100 gram saji. Itu sebabnya banyak orang yang menggunakan pisang sebagai sarana diet karena karbohidrat yang dimiliki lebih kompleks sehingga membuat kenyang untuk waktu yang cukup lama.

Protein
Anda tentu tahu bahwa protein sangat dibutuhkan untuk meningkatkan metabolisme sel terutama dalam rangka memperbaiki sel tubuh yang rusak. Pisang sangat baik untuk menjaga kesehatan karena mengandung 0.32gr protein dalam 100 gram saji. Protein yang ada dalam pisang adalah golongan lutein, valin, arginin, dan lainnya yang dianggap mampu meningkatkan kekebalan tubuh.

Mineral
Komponen mineral dalam pisang terdapat dalam berbagai bentuk, antara lain:
1. Fosfor
Dalam tubuh, Anda bisa memanfaatkan fosfor yang ada pada buah pisang untuk menjaga kesehatan tulang serta otot. Komponen fosfor juga akan membantu sistem pencernaan dalam menyerap nutrisi protein lebih banyak sehingga daya tahan tubuh seseorang terjaga.
2.Kalium
Komponen mineral kalium adalah satu dari sekian banyak komponen mineral yang terdapat dalam jumlah sangat tinggi pada pisang. Komponen kalium ini membuat pisang sangat baik dikonsumsi oleh penderita batu empedu atau batu ginjal sehingga komponen batu yang ada didalam tubuh bisa diluruhkan. Tak hanya itu, komponen mineral kalium juga akan membantu tubuh menstabilkan tekanan darah dan meningkatkan kinerja hormon serotonin.
3. Zat besi
Selain bermanfaat untuk memperkuat tulang, kandungan kulit pisang yang berupa zat besi juga bermanfat untuk memperbaiki struktur darah yang rusak karena penyakit tertentu. Jika Anda memiliki penyakit yang berhubungan dengan darah seperti anemia, darah tinggi, atau lainnya, Anda dapat mengkonsumsi pisang 400 gram per hari untuk mendapatkan khasiat zat besi bagi tubuh.
4. Selenium
Komponen selenium pada buah pisang memang tidak terdapat dalam jumlah banyak dibanding mineral lain, namun keberadaannya akan membantu untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.
5. Kalsium
Selain komponen kalium, pisang juga mengandung kalsium yang akan meningkatkan kinerja zat besi dalam memperkuat tulang dan saraf. Kalsium juga akan membantu sistem pencernaan Andsa agar enzim yang dihasilkan bekerja lebih sempurna.

Antioksidan
Tahukah Anda bahwa pisang juga mengandung antioksidan? Pisang mengandung beberapa senyawa antioksidan golongan flavon yang akan membantu menyeimbangkan kinerja metabolisme organ serta meminimalisir efek radikal bebas pada tubuh. Antioksidan yang terdapat pada pisang juga akan membantu Anda dalam mengatasi berbagai gejala penyakit yang dialami terutama yang berhubungan dengan daya tahan tubuh.

Vitamin
Buah pisang mengandung vitamin B dan C dalam kisaran jumlah 1.2 hingga 17.5gr per 100 gram saji. Oleh karena itu, pisang termasuk buah yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan meremajakan kulit, karena fungsi vitamin yang tersedia pada pisang akan membantu Anda meminimalisir efek penuaan yang terjadi pada kulit dan organ. Semoga bahasan diatas semakin menambah pengetahuan Anda tentangkandungan kulit pisang.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Blog Sharing

Previous
Next Post »