a

Cara Meningkatkan Pengunjung dan Penjualan Toko Online

Meningkatkan penjualan toko online agar lebih maksimal — Jual beli online semakin banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia, pemiliki toko konvensional sudah mulai banyak yang membuat toko online mereka di dunia maya.

Persaingan Antar penjual juga tentu semakin sengit, berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan penjualan yang maksimal.

Ada yang mengoptimalkan dari sisi SEO, memberikan diskon, membuat tampilan yang lebih menarik, makin gencar promosi, dan lain sebagainya.

                                    toko online
                                                   Ilustrasi Toko online (Image: Liputan6.com)

Jika Anda salah satu pemiliki toko online, berikut beberapa cara untuk memaksimalkan pendapatkan toko online Anda, khususnya di hari-hari khusus yang kemungkinan akan banyak pembeli seperti saat menjelang hari raya atau ketika hari belanja nasional (harbolnas).

1. Tingkatkan kemampuan server
Biasanya pada hari-hari tertentu seperti menjelang hari raya atau saat hari belanja nasional para pemain e-commerce harus bisa meningkatkan kualitas server mereka agar bisa menangani para pembeli yang kemungkinan akan membludak. Jangan sampai website Anda tidak bisa diaksese.

2. Pastikan website Anda mobile friendly

mobile friendly
doc: Flipit.com

Pada sebuah infografis dijelaskan bahwa menurut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada tahun 2015, ada sekitar 85% pengguna internet di Indonesia mengakses situs menggunakan smartphone, dimana sebanyak 56% yang berbelanja online via smartphone. Itu berarti, pemilik website toko online (e-commerce) harus meningkatkan kenyamanan pada website mereka, termasuk membuat website nya bisa dibuka dengan baik di layar smartphone.

3. Beri kupon pada hari-hari tertentu

kupon dan transaksi
doc: Flipit.com

Infografis dibawah ini mengungkapkan pertumbuhan drastis dari penggunaan kupon di Indonesia. Dari tahun 2014 hingga 2015, pengguna kupon meningkat ratusan sampai ribuan persen. Jadi perlu diperhitungkan kembali penggunaan kupon untuk menambah pembeli di toko online Anda.

4. Mempermudah cara bertransaksi
Kemudahan konsumen dalam melakukan transaksi perlu untuk diperhatikan, karena banyak masyarakat Indonesia yang tidak menyukai belanja di toko online karena kurang nyamannya bertransaksi. Oleh karena itu, e-commerce setidaknya mesti memberikan metode-metode pembayaran yang mudah dan dipercaya oleh konsumen, seperti pembayaran dengan metode transfer bank, COD (Cash on Delivery), penggunaan kartu kredit juga mulai banyak digunakan, namun jumlahnya tidak sebanyak dengan transfer bank.

5. Manfaatkan sosial media


sosial media marketing
doc: Flipit.com

Sebuah fakta yang menarik dari pengguna internet di Indonesia adalah mereka sangat menyukai sosial media. Hal tersebut harus dipahami oleh pemilik toko online dengan memanfaatkan sosial media untuk media promosi agar mendapatkan lebih banyak konsumen. Bahkan kabarnya sebanyak 27 persen pendapatan toko online berasal dari sosial media.

6. Optimasi SEO
SEO sudah menjadi faktor yang sangat penting bagi setiap website, termasuk website jual beli online (e-commerce). Walau bagaimanapun orang masih akan mencari segala sesuatu melalui mesin pencari seperti Google atau yahoo, oleh karena itu penting bagi website ecommerce untuk mengotimasi SEO toko online mereka agar bisa bersaing di hasil pencarian Google.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Blog Sharing

Previous
Next Post »