Meningkatkan penjualan toko online agar lebih maksimal —
Jual beli online semakin banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia,
pemiliki toko konvensional sudah mulai banyak yang membuat toko online
mereka di dunia maya.
Persaingan Antar penjual juga tentu semakin sengit, berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan penjualan yang maksimal.
Ada yang mengoptimalkan dari sisi SEO, memberikan diskon, membuat
tampilan yang lebih menarik, makin gencar promosi, dan lain sebagainya.
Ilustrasi Toko online (Image: Liputan6.com)
Ilustrasi Toko online (Image: Liputan6.com)
Jika Anda salah satu pemiliki toko online,
berikut beberapa cara untuk memaksimalkan pendapatkan toko online Anda,
khususnya di hari-hari khusus yang kemungkinan akan banyak pembeli
seperti saat menjelang hari raya atau ketika hari belanja nasional
(harbolnas).
1. Tingkatkan kemampuan server
Biasanya pada hari-hari tertentu seperti menjelang hari raya atau
saat hari belanja nasional para pemain e-commerce harus bisa
meningkatkan kualitas server mereka agar bisa menangani para pembeli
yang kemungkinan akan membludak. Jangan sampai website Anda tidak bisa
diaksese.
2. Pastikan website Anda mobile friendly
Pada sebuah infografis dijelaskan bahwa menurut Asosiasi
Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada tahun 2015, ada
sekitar 85% pengguna internet di Indonesia mengakses situs menggunakan
smartphone, dimana sebanyak 56% yang berbelanja online via smartphone.
Itu berarti, pemilik website toko online (e-commerce) harus meningkatkan
kenyamanan pada website mereka, termasuk membuat website nya bisa
dibuka dengan baik di layar smartphone.
3. Beri kupon pada hari-hari tertentu
Infografis dibawah ini mengungkapkan pertumbuhan drastis dari
penggunaan kupon di Indonesia. Dari tahun 2014 hingga 2015, pengguna
kupon meningkat ratusan sampai ribuan persen. Jadi perlu diperhitungkan
kembali penggunaan kupon untuk menambah pembeli di toko online Anda.
4. Mempermudah cara bertransaksi
Kemudahan konsumen dalam melakukan transaksi perlu untuk
diperhatikan, karena banyak masyarakat Indonesia yang tidak menyukai
belanja di toko online karena kurang nyamannya bertransaksi. Oleh karena
itu, e-commerce setidaknya mesti memberikan metode-metode pembayaran
yang mudah dan dipercaya oleh konsumen, seperti pembayaran dengan metode
transfer bank, COD (Cash on Delivery), penggunaan kartu kredit juga mulai banyak digunakan, namun jumlahnya tidak sebanyak dengan transfer bank.
5. Manfaatkan sosial media
Sebuah fakta yang menarik dari pengguna internet di Indonesia adalah
mereka sangat menyukai sosial media. Hal tersebut harus dipahami oleh
pemilik toko online dengan memanfaatkan sosial media untuk media promosi
agar mendapatkan lebih banyak konsumen. Bahkan kabarnya sebanyak 27
persen pendapatan toko online berasal dari sosial media.
6. Optimasi SEO
SEO sudah menjadi faktor yang sangat penting bagi setiap website,
termasuk website jual beli online (e-commerce). Walau bagaimanapun orang
masih akan mencari segala sesuatu melalui mesin pencari seperti Google
atau yahoo, oleh karena itu penting bagi website ecommerce untuk
mengotimasi SEO toko online mereka agar bisa bersaing di hasil pencarian Google.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan
klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Blog Sharing