a

Tips bermain clash of clan dan mendapatkan gems gratis (free)

Clash Of Clan atau yang sering disingkat "COC" adalah salah satu game yang paling populer saat ini dengan Lebih dari 100 juta download di play store. Sebelumnya saya tidak tertarik dengan game ini, karena gambar dan tokoh2nya yang telihat sederhana dan terlalu kekanakan. Tapi setelah saya melihat banyaknya pengguna dari game ini, saya pun mencobanya dan ternyata saya pun ketagihan.

Dibalik kesederhanaan gambar yang terlihat kekanak-kanakan, tetapi game ini mempunyai gameplay yang sangat baik. Gambar yang dibuat sederhana mungkin mempunyai tujuan lain, yaitu game ini sangatlah ringan sehingga tidak membuat nyaman penggunanya.
Tips bermain COC

Deskripsi

Dari barbar marah-penuh dengan kumis yang mulia untuk pyromaniac penyihir, meningkatkan tentara Anda sendiri dan memimpin klan Anda untuk kemenangan!Membangun desa anda untuk menangkis penyerang, pertempuran melawan jutaan pemain di seluruh dunia, dan menempa sebuah klan yang kuat dengan orang lain untuk menghancurkan klan musuh. 

Koneksi jaringan juga diperlukan.
  

FITUR

● Membangun desa anda menjadi benteng yang tak terkalahkan 
● Naikkan tentara Anda sendiri barbar, Archers, Hog Riders, Wizards, Dragons dan pejuang perkasa lainnya 
● Pertempuran dengan pemain di seluruh dunia dan mengambil Piala mereka 
● Gabung bersama-sama dengan pemain lain untuk membentuk Clan utama 
● Melawan Klan saingan dalam Wars Clan epik 
● Membangun 18 unit yang unik dengan berbagai tingkat upgrade 
● Temukan menyerang tentara favorit Anda dari kombinasi yang tak terhitung pasukan, mantra, Heroes dan Clan bala 
● Mempertahankan desa Anda dengan banyak Cannons, Towers, mortir, bom, Perangkap dan Dinding 
● Berjuang melawan Goblin Raja dalam kampanye melalui kerajaan

Deksripsi dan fitur diatas adalah gambaran umum dari playstore, untuk anda yang belum mencoba game ini berikut gambaran secara ringkasnya:

  • Anda akan memimpin sebuah kota/kerajaan yang dibangun dengan gold dan elixir yang didapat dari tambang
  • Awal anda bermain akan diberi 2 orang pekerja yang disebut "Builder" untuk membangun kota/kerajaan anda
  • Bangunan dibuat dengan memilih item kemudian menempatkannya.
  • Anda bisa membangun pasukan di bangunan yang bernama barak untuk menyerang kota lain atau memenuhi quest
  • Bangunan dan pasukan bisa ditingkatkan dengan meng"upgrade"nya dengan menggunakan gold/elixir sesuai yang diperlukan. makin tinggi level bangunan/pasukan, makin tinggi gold/elixir yang harus dikeluarkan.
  • Perkuat kota anda dengan menempatkan bangunan defense untuk menahan musuh yang menyerang kota anda.
  • Kota yang pemiliknya sedang aktif tidak bisa diserang. Jadi anda tidak akan mendapat notifikasi jika ada yang menyerang kota anda selama anda ‘aktif’ memainkannya. Kota anda baru bisa diserang jika tidak ada shield yang aktif, atau anda tidak sedang membukanya
  • Ketika anda diserang, jangan takut bangunan anda habis tidak tersisa. Semakin banyak yang hancur, anda akan mendapat gratis bonus shield sebanding dengan prosentase kehancuran kota anda. Anda tidak rugi apa-apa, kecuali resource dan trophy.
Deskripsi diatas hanyalah gambaran umum secara singkat aja, anda bisa menyusun strategi anda sendiri agar kota yang anda bangun bisa berkembang dengan cepat. Jika anda masih bingung untuk menyusun strategi, berikut akan saya berikan beberapa tips bermain Clash Of Clan.

Tips bermain Clash of Clans

-->  Sabar, simpan gems anda
    Gems yang dilambangkan dengan permata hijau kegunaannya sangat banyak, bisa untuk mempercepat proses, membuat bangunan, menyusun pasukan, dll. Perihal mempercepat proses, ini sangat menggoda agar bisa mempercepat pertumbuhan kota anda. Tetapi saran saya sebaiknya gunakan Gems untuk membuat bangunan yang terbatas waktu ketersediaannya, contohnya untuk membeli Builder hut (pekerja) karena pekerja ini sangat penting untuk membangun. Lebih banyak builder hut akan lebih baik supaya bisa membangun beberapa bangunan dalam waktu yang bersamaan (tidak usah menunggu selesainya pembangunan sebelumnya) Intinya, bermainlah dengan sabar, jangan buang-buang Gems anda hanya untuk mempercepat proses. Kecuali, jika anda bersedia membeli gems yang bisa anda beli dengan menggunakan credit card atau google gift card. Kalau anda bosan menunggu karena waktu pembangunan yang terlampau lama, mainkan dulu game sejenis sambil menunggu pembangunan anda. Atau bisa juga mendapatkan gems secara gratis dengan cara sebagai berikut:

Cara mudah mendapatkan gems clash of clan gratis (free)

  • Menghancurkan pohon / bebatuan yang ada di kota anda. Nilainya beraneka ragam, mulai dari 1 - 5 gems ataupun ada juga yang sama sekali tidak ada gemsnya.
  • Gems bisa didapat gratis dari melengkapi achievement. Berikut adalah achievement yang menurut saya paling gampang untuk didapatkan:
              1250 trophy mendapatkan 450 gems
              2000 trophy mendapatkan 250 gems
              2600 trophy mendapatkan 1000 gems
              3200 trophy mendapatkan 2000 gems


Cara mendapatkan trophy:

Cara mudah untuk mendapatkan trophy adalah pada saat kita mau menyerang, pilihlah lawan yang menaruh Town Hall diluar pagar dan hancurkanlah Town Hall lawan tersebut dengan Archer. Dengan menghancurkan Town Hall kita sudah mendapatkan trophy. Lakukan berulang kali sampai trophy terpenuhi.


--> Upgrade Town Hall untuk mengunlock bangunan dan pasukan 
Jika bangunan atau pasukan sudah maksimal dan sudah tidak bisa diupgrade, itu saatnya anda mengupgrade Town hall ke yang lebih tinggi dan nantinya bangunan yang sebelumnya dilock akan terbuka.


Pada saat Town Hall di level 7, lebih mudah mencari lawan yang banyak gold dan elixir daripada Town Hall level 8. Jadi saat Town Hall level 7 lebih baik upgrade defense sampai maksimal.

--> Seranglah ketika anda pasukan dan upgrade pasukan supaya lebih kuat
    Cara anda membangun kota akan tergantung pada bagaimana anda mendeskripsikan pribadi anda. Apakah anda tipe orang yang mementingkan pertahanan dan besarnya kota? Atau anda tipe agresif yang lebih suka bertindak ofensif daripada duduk dan mengayun kaki memikirkan bagaimana anda membuat kota anda lebih aman, indah, dan besar? Apapun kepribadian anda, satu hal dalam Clash of Clans yang harus anda ingat: menyerang dengan tipe pasukan yang pas untuk mendapatkan resource itu lebih cepat daripada membangun tambang level tinggi dan menunggunya menghasilkan gold dan elixir untuk kota anda. Tapi anda harus ingat, serang kota lain yang sesuai dengan pasukan yang anda miliki

--> Memilih kota untuk diserang
       Ketika anda akan menyerang kota lain, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut, supaya pengeluaran anda untuk membangun pasukan tidak percuma dan menghasilkan resource dan trophy secara maksimal.
        lihat dulu resource yang dimiliki kota yang akan anda serang itu. Kalau cuman sedikit, lewatkan saja.

Karena sekali pasukan anda digelar, mau menang atau kalah, pasukan anda itu tidak akan kembali, jadi anda harus terus membangun pasukan
        Lihat level dari Town Hall kota tersebut. Pilih yang sedang. Jika dia ketinggian, atau jauh lebih tinggi dari level kota anda, kemungkinan menangnya jadi kecil. Kalau nekat pilih Goblins saja yang fokus menyerang resource.
        Lihat pertahanan kota tersebut. Jika pertahanan mereka bagus dari sisi penempatan senjata, maka sebaiknya anda memakai pasukan yang kuat dan punya kemampuan khusus. Kemudian perhatikan tempat yang tidak terlalu terlindung atau relatif terbuka untuk diserang pertama kali.
        Jangan tempatkan pasukan anda di tempat yang bisa dijangkau dua atau lebih senjata pertahanan lawan. Akan sia-sia saja.
        Anda bisa mencoba-coba dan membangun insting dengan menyelesaikan single-player mode dulu. Nanti anda akan tahu musti bagaimana bisa menang dengan jumlah dan jenis pasukan yang sama untuk menyerang kota tertentu.
        Jika anda sedang mencari resource, kirim Goblins sebanyak-banyaknya. Jika anda mencari trophy, kirim pasukan dengan kombinasi yang baik. Coba-coba-lah.
        Ingat bahwa anda tidak punya kontrol terhadap pasukan begitu mereka anda deploy – perintah untuk menyerang. Mereka akan memilih sendiri sesuai favorite target mereka. berikut gambarannya :


Tokoh clash of clan

--> Bangunlah pertahanan kota yang bagus
    Pertahanan kota anda tergantung bagaimana anda mengelola bangunan defense yang anda miliki. Berikut adalah tipsnya:
       *) tempatkan bangunan penyimpanan gold dan elixir di tempat yang paling terlindung
       *) gunakan mortar sebagai senjata utama, tempatkan di tengah
       *) gunakan canon dan tower di sekeliling untuk menangkal serangan
       *) buat tembok untuk melindungi setiap bangunan, bukan tembok melingkar untuk semua bangunan
        *) posisikan senjata pertahanan untuk sebisa mungkin melingkupi sebanyak mungkin bangunan
        senjata yang kuat diletakkan di tengah kota
        *) letakkan bangunan yang relatif kurang penting diluar. Supaya sistem pertahanan anda punya waktu untuk menembaki mereka

--> Membangun aliansi (Clan) dengan kota lain
    Ketika level kota anda sudah bagus, dan anda sudah menyelesaikan level single player, membangun ulang castle anda, itu waktunya anda bergabung dengan pemain lain. Istilahnya disebut Clan. Selain bergabung dengan pemain lain, anda pun bisa membangun clan anda sendiri dan mengajak teman anda untuk bergabung. Bukan cuman karena anda akan menambah banyak teman (dan juga musuh), tapi dengan menjalin hubungan dengan pemain lain anda akan bisa mendapat banyak keuntungan. Yang anda harus pahami adalah, jangan cuman mengharap bantuan, anda juga harus membantu pemain lain. Anda akan menjadi bagian dari sebuah tim.Dengan membangun aliansi anda pun bisa perang antar aliansi (Clan war) jika anggota clan anda minimal 10 orang.

Tips diatas hanyalah gambaran buat anda yang pemula, jika sudah memahami game tersebut silahkan berkreasi sesuai yang anda inginkan. dan susun strategi sebaik mungkin. Selamat Berjuang!!!

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Blog Sharing

Previous
Next Post »