a

Kiat Sukses Membuka Usaha Laundry Kiloan

Sekarang ini usaha laundry kiloan sudah menjamur di tengah-tengah masyarakat. Bagi sebagian orang mencuci pakaian kotor merupakan aktifitas yang sangat tidak menyenangkan. Maka dari itu usaha ini memiliki prospek yang bagus seiring meningkatnya permintaan akan pelayanan cuci kering yang cepat, bersih dan juga rapi. Untuk orang yang sangat sibuk, laundry merupakan pilihan yang sangat tepat untuk mendapatkan pakaian yang bersih dan wangi. Padatnya aktifitas warga perkotaan dan semakin canggihnya teknologi membuat masyarakat cenderung malas untuk melakukan berbagai kegiatan rumah tangga, salah satunya mencuci pakaian.  Lebih jauh, mereka juga ingin menghemat tenaga dan waktu.

Dengan mempertimbangkan hal-hal diatas, membuka usaha laundry merupakan solusi yang cerdas. Dengan banyaknya orang yang ingin memanfaatkan usaha ini, maka kemungkinan usaha anda bisa berkembang dengan pesat. Lantas bagaimanakah memulai usaha laundry ini agar lebih sukses?
Jika anda ingin membuka usaha laundry kiloan modal awal yang dibutuhkan relatif kecil. Anda bisa mengamati grafik perkembangan bisnisnya yang semakin hari semakin meningkat. Dengan hanya bermodalkan mesin cuci dan sebuah ruangan untuk melayani pelanggan, maka usaha ini sebenarnya sudah bisa berjalan. Cukup persiapkan beberapa hal agar usaha anda lancar dan berkembang.

Penempatan lokasi yang strategis
Ketika anda berencana membuka bisnis apapun, pemilihan lokasi merupakan hal yang sangat penting. Begitu juga dengan usaha laundry ini. Pemilihan lokasi yang strategis dan tepat akan memancing banyak konsumen memakai jasa laundry anda. pilihlah lokasi yang berada di sekitar keramaian seperti kampus, sekolah, kontrakan dan lain sebagainya. Hal ini karena biasanya orang yang berada di lokasi tersebut tidak punya banyak waktu untuk mencuci. Mereka biasanya cenderung lebih suka memanfaatkan laundry kiloan untuk solusi mencuci mereka.

Menyesuaikan harga
Sebelum memulai usaha ini sebaiknya anda melakukan riset untuk mencari tahu harga pasaran yang berlaku untuk usaha laundry kiloan ini. Anda bisa melihat harga-harga yang ditawarkan oleh competitor atau laundry kiloan lain. Tentukan harga yang sesuai dengan pelayanan anda terhadap pelanggan. Dengan cara ini maka pelanggan anda tidak akan keberatan dan akan datang kembali.

Berikan pelayanan ekstra
Bila ternyata sudah banyak sekali yang membuka usaha sejenis, anda harus memiliki factor pembeda dari competitor anda. berikan pelayanan ekstra terhadap pelanggan anda seperti pelayanan antar jemput, beragam pilihan minyak wangi dan juga anti kusut, dan lain-lain. Lebih daripada itu, ketepatan waktu merupakan hal yang terpenting dalam usaha ini. Ketepatan waktu adalah hal yang harus bisa anda jaga dan tepati agar konsumen anda tidak kecewa. Berilah pelanggan anda kepuasan agar tidak beralih ke penyedia jasa laundry yang lain.

Perhatikan kualitas
Kualitas dan hasil pencucian juga merupakan factor penting yang bisa mendatangkan konsumen. Cobalah untuk mempelajari teknik-teknik mencuci pakaian yang baik agar pakaian tidak luntur dan mudah kusam. Hasil cucian yang baik, bersih dan wangi akan membuat konsumen anda puas.

Rekrutlah tenaga kerja yang tepat
Rekrutah beberapa karyawan yang memiliki keahlian sesuai dengan usaha yang sedang anda bangun. Pisahkan antara karyawan bagian cuci dan bagian administrasi agar mereka memiliki waktu kerja yang efisien dan efektif. Jika usaha anda sudah berkembang, anda bisa menambah jumlah karyawan. Pada awal usaha, mungkin anda bisa memperkerjakan satu orang dibagian cuci dan anda yang memegang bagian administrasi. Dengan begitu usaha laundry kiloan anda akan berkembang dengan baik dan teratur.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Blog Sharing

Previous
Next Post »